Pengertian Metode, Metodologi, Pembelajaran, dan Metodologi Pembelajaran



MAKALAH
“PENGERTIAN METODE, METODOLOGI, PEMBELAJARAN, DAN METODOLOGI PEMBELAJARAN PAI
Dosen Pengampu : Drs. H. M. Ilyas , M.A.

LOGO+BARU+WARNA+2010+ok.jpg

Di Susun Oleh :
Nama             : Siska Ajima
Nirm               : 1209.13.06998
Jurusan         : PAI
Semester       : V
Lokal              : D




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
PENGERTIAN METODE, METODOLOGI, PEMBELAJARAN, DAN METODOLOGI PEMBELAJARAN PAI

A.   Pengertian Metode dan Metodologi
Metode atau metoda berasal dari bahasa Yunani, yaitu Metha dan hodos. Metha berarti melalui atau melewati dan hodosberarti jalan atau cara. Metode berarti jalan atau cara yang harus di lalui untuk mencapai tujuan tertentu.


 
Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Amzah : Jakarta,  2011, Hal 180

Sedangkan dalam bahasa inggris ada kata way dan ada kata method. Dua kata ini sering di terjemahkan cara dalam bahasa Indonesia. Sebenarnya yang lebih layak diterjemahkan cara adalah kata wayitu, bukan kata method. Karena metode adalah istilah yang digunakan untuk mengungkapkan pengertian “cara yang paling tepat (efektif) dan cepat (efisien)” dalam melakukan sesuatu. Jadi, metode pembelajaran agama Islam adalah cara yang paling efektif dan efisen dalam mengajarkan agama Islam. Pengajaran yang efektif artinya pengajaran yang dapat di pahami murid secara sempurna.


 
Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosdakarya:Bandung  2008, Hal 9

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, metodologi berarti ilmu tentang metode atau uraian tentang metode. Menurut M. Arifin, Metodologi berasal dari dua kata yaitu metode dan logi. Adapun metode berasal dari dua kata yaitu meta (melalui) dan hodos (jalan atau cara), dan logi yang berasal dari bahasa Greek (Yunani) yaitu logos (akal atau ilmu), maka metodologi adalah ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus di lalui untuk mencapai suatu tujuan. Dengan demikian, metodologi pendidikan adalah sesuatu ilmu pengetahuan tentang metode yang dipergunakan dalam pekerjaan mendidik.
                            
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara : Jakarta,  1996, Hal 61

           
            Menurut saya :
Metode adalah jalan atau cara yang harus di lalui untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan metodologi adalah sesuatu ilmu pengetahuan tentang metode yang dipergunakan dalam pekerjaan mendidik.

B.   Pengertian Pembelajaran
            Sebelum kita membahas pengertian pembelajaran, maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari belajar dan mengajar karna kedua hal tersebut sangat erat kaitannya dengan pembelajaran. Pengertian belajar menurut Nana Sudjana adalah suatu proses yang di tandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Sedangkan mengajar menurut Nana Sudjana adalah membimbing kegiatan belajar siswa, mengatur dan mengkoordinasi lingkungan yang di sekitar siswa sehingga dapat mendorong dan menumbuhkan siswa melakukan kegiatan belajar. Mengajar menurut Zakiah Drajat,dkk adalah suatu teknik penyampaian bahan pelajaran kepada murid.
            Dengan demikian, Pembelajaran adalaha proses interaksi peserta didik dan pendidik dan sumber belajar dengan suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang di berikan pendidik agar terjadi proses pemerolehan ilmu, pengetahuan, penguasaan, kemahiran, dan tabiat serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
                                     
                [PDF], BAB%201%CIV.pdf (secured), (di download pada senin jam 16.40 )
           
Menurut saya :
            Dari Penjelasan di atas tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa pembelajaran adalah suatu proses sistematis yang terarah untuk memberikan pengetahuan kepada anak didik agar terjadi perubahan pada anak didik tersebut.

C.   Pengertian Metodologi Pembelajaran PAI
Omar Mohmmad Al-Toumy Al-Syaibany yang menyatakan bahwa : “metode mengajar bermakna segala segi kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestian-kemestian mata pelajaran yang diajarkan, ciri-ciri perkembangan murid-muridnya, dan suasana alam sekitarnya dan tujuan menolong murid-muridnya untuk mencapai proses belajar yang diinginkan dan perubahan yang dikehendaki pada tingkah laku mereka. Selanjutnya menolong mereka memperoleh maklumat, pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, sikap, minat dan nilai-nilai yang diinginkan.
Pendapat di atas diperkuat dengan fiman Allah dalam surah An-Nahl : 125, yang artinya sebagai berikut :
 “Serulah (Manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan bijaksana dan nasehat yang baik, serta berbantahlahmereka dengan cara yang baik” (QS.An-Nahl : 125).

Dengan demikian, metodologi pembelajaran tidak hanya membahas metode semata, tapi kajiannya lebih luas yaitu mengaitkan cara mengunakan metode dengan bahan yang diajarkan, peserta didik dan guru bahkan lingkungan.
            Pada Pasal 1 butir 20 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yakni “Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”. Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwa pembelajaran adalah serangkaian kegiatan atau situasi yang sengaja dirancang agar interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar  dapat melakukan aktifitas belajar. 
            Dari beberapa pengertian tersebut, dapat dikemukankan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memahami metodologi pembelajaran, yaitu sebagai berikut :
a.   Metodologi pembelajaran adalah sebuah ilmu dalam mengembangkan cara yang dilalui dalam proses pembelajaran yang berupa prinsip-prinsip umum dalam mengajar dan belajar (didaktik umum).
b.   Metodologi pembelajaran adalah sebuah ilmu yang membahas cara yang paling cepat (efektif) dan cepat (efisian) yang dapat digunakan guru dalam menyajikan materi dalam kegiatan proses pembelajaran dikelas (Didaktik khusus).
                              
      https://irmaalhanaah.wordpress.com/2014/11/03/metodologi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-jenis-jenis-metode-pembelajaran-pendidikan-agama-islam/, (di ambil pada hari senin jam 16.45 )

Menurut saya :
       Metodologi pembelajaran PAI adalah sebuah ilmu atau kemampun yang di miliki pendidik tentang bagaimana metode atau cara dalam proses pemberian pengetahuan kepada anak sehingga terjadi perubahan pada anak didik itu sendiri berdasar pada pendidikan Islam sehingga tercapai tujuan pendidikan seperti yang di harapkan.
DAFTAR PUSTAKA

M. Arifin , 1996 ,  Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta , Bumi Aksara.
Tafsir Ahmad , 2008 ,  Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung ,.Remaja Rosdakarya.
Umar Bukhari , 2011 ,  Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta , Amzah.
https://irmaalhanaah.wordpress.com/2014/11/03/metodologi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-jenis-jenis-metode-pembelajaran-pendidikan-agama-islam/ , (di ambil pada hari senin jam 16.45 ).

[PDF], BAB%201%CIV.pdf (secured), (di download pada senin jam 16.40 ).

Post a Comment for "Pengertian Metode, Metodologi, Pembelajaran, dan Metodologi Pembelajaran"