RPP K13 kelas 3 SD semester 1-2 tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Benda di sekitarku, Kewajiban dan Hakku, Perubahan Cuaca, Energi dan Perubahannya, Perkembangan Teknologi, dan Praja Muda Karana merupakan kegiatan pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru yang mengacu pada pengkajian silabus untuk mencapai target kompetensi. Dalam kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental, fisik, melalui interaksi antar peserta didik.
RPP kurikulum 2013 menjelaskan bahwa pembelajaran dapat menggunakan peralatan sekolah yakni alat peraga, multimedia visual, teknologi, serta kemampuan pengajar dalam menguasai materi. Suasana belajar yang memberi kesan pada siswa dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada murid. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang harus dikuasai oleh anak untuk bekal nanti ketika memasuki usia dewasa meliputi etika, sopan santun, dan saling menghormati.
Akan tetapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh pendidik dalam mengembangkan proses kegiatan mengajar yakni dengan memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh anak secara berurutan untuk mencapai target kompetensi, urutan kegiatan tersebut disesuaikan dengan konsep materi belajar, serta diperlukan perumusan indikator pencapaian kompetensi.
RPP K13 SD Kelas 3 Semester 2 Tema 5 Perubahan Cuaca Edisi Revisi
Fungsi alat peraga yakni dapat memotivasi siswa berfikir dan bekerja atas inisiatif sendiri,
intuisi dan merumuskan hipotesis sendiri. Memberikan ketajaman mental untuk mengambil keputusan yang bersifat intrinsik situasi proses belajar menjadi lebih terangsang, proses belajar meliputi sesama aspeknya, siswa menuju pada pembentukan manusia seutuhnya untuk meningkatkan tingkat penghargaan pada siswa. Kemungkinan siswa belajar dengan memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar dengan mengembangkan bakat dan kecakapan individu.
Berikut contoh file RPP K13 kelas 3 semester 2 Tema 5 Perubahan Cuaca untuk dijadikan identifikasi materi belajar oleh guru tersebut, dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kmptnsi dasar dengan mempertimbangkan potensi peserta didik, karakter matapelajaran, relevansi karakter daerah, tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa.
Demikian uraian singkat kami mengenai cara membuat konsep mengajar yang sudah dibahas diatas, semoga dapat membantu menambah wawasan kalian. Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa manfaatkan sebaik mungkin waktu Anda dalam mengolah pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Berikan komentar yang bersifat informasi positif untuk menambah kelengkapan info tersebut.
Post a Comment for "RPP K13 SD Kelas 3 Tema 5 Perubahan Cuaca"