LEBIH MULIA DAN PENTING NYA ORANG 'ALIM (BERILMU) DARI PADA AHLI IBADAH

"LEBIH MULIA DAN PENTING NYA ORANG 'ALIM (BERILMU) DARI PADA AHLI IBADAH"

Assalamu'alaikum wr wb
Allahumma sholi'ala Sayyidina Muhammad Wassalim

Saudara-saudaraku,
Jamaah Majelis Zikir An Nur Lampung dan Beladiri Nur Laduni Albaathin Alwaliyy Cabang Lampung serta umat Islam di seluruh Indonesia.

SALAH SATU HADIST MENJELASKAN QOLA RASULILLAH SAW BERSABDA "MEMBAHAS SUATU ILMU/MAJLIS, SUATU ILMU LEBIH BAIK DARIPADA BERIBADAH 6 PULUH TAHUN".

"BAHKAN TIDURNYA ORANG BERILMU LEBIH DITAKUTI IBLIS DARIPADA IBADAH NYA ORANG AWAM".


Dan salah satu hadist juga menyebutkan "BARANGSIAPA PERGI/MENCARI ILMU MAKA ALLAH SWT AKAN MENUNJUKKANNYA JALAN SURGA, DAN SESUNGGUHNYA ORANG 'ALIM SENANTIASA DIMINTAKAN AMPUNAN UNTUKNYA OLEH MAKHLUK YG BERADA DILANGIT MAUPUN DIBUMI, HINGGA DIMINTAKAN AMPUN OLEH IKAN IKAN DILAUT, SESUNGGUHNYA ULAMA ADALAH PEWARIS NABI".

Inti hadist tersebut adalah bhw ISLAM lebih memuliakan /mengutamakan orang 'Alim dan berilmu pengetahuan ketimbang orang yg suka ibadah,,berjubah, bersorban,namun bodoh masalah ilmu hingga menjadi tdk ber akhlak dan suka su'ul adab....tidak beretika dalam berprilaku sehari hari.

Mungkin kita bingung apa sih yg dimaksud orang 'ALIM / berilmu  itu....!!!!!
 Bahkan kita pasti banyak beranggapan orang 'Alim itu pasti yg pandai ilmu agama,ahli ibadah,pakar Hadist Al Qur'an,ceramah sana sini, banyak jamaah nya,hafal kitab ini itu. PADA UMUM NYA MUNGKIN KITA BERANGGAPAN SEPERTI ITU KAN....sebenarnya jawaban ini tidak salah namun juga kurang tepat...sebab apa, banyak kan ustadz-ustadz terkenal yg hebat ilmu agama nya,hafal Al Qur'an hadist,hafal kitab kuning dll namun ternyata suka menghujat,suka menfitnah,suka mengkafirkan orang lain,suka menghina sana sini,bahkan suka memusuhi pemerintah yg dimana ia hidup di negara pemerintahan tersebut.

Coba ingat pernah dulu ada cerita saat KH.Said Agil diajak Gusdur mencari sosok Waliyullah  saat mereka Umroh,mereka berjalan di Masjid setelah sholat tarawih mencari sosok waliyullah,dimana disana banyak sosok guru guru agama berjubah yg mengajarkan agama pd masing masing jamaahnya sendiri sendiri,bahkan ada yg membawa kitab kitab bertumpuk tumpuk, namun Gusdur tidak melihat mereka mendapat derajat Waliyullah,lalu berhentilah gusdur di hadapan sosok orang yg sedang tafakur sendirian di dipojok masjid dengan pakaian lusuh,lalu Gusdur mengatakan pada KH.Said Agil bhw itulah sosok Waliyullah...lalu KH.Said Agil meminta doa pd sosok wali tersebut...

Hakikatnya kita tidak pernah tau rahasia Allah kemudian hari yang akan diberikan kepada orang yang mungkin selama ini kita anggap jelek, siapa tau justru dia lebih baik dari kita bahkan menjadi kekasih-Nya, maka jangan menvonis menghakimi seseorang dengan titel yang tidak baik.

JADI INTI ORANG 'ALIM ADALAH ORANG YG TAKUT HANYA KEPADA ALLAH...KEPADA RASULULLAH SAW... CINTA KEPADA ALLAH KEPADA RASULULLAH SAW, DAN BERAKHLAK MULIA, SLALU MEMANDANG DIRINYA LEBIH HINA KETIMBANG YANG LAIN,SLALU HUSNUDZON,SLALU SABAR DAN CINTA DENGAN SIAPAPUN,TIDAK MEMANDANG PERBEDAAN SUKU,GOLONGAN, ORMAS,PARTAI DLL...

Jadi jangn kira kita semua ini walau tidak hafal Al Qur'an,tidak hafal hadist,tidak hafal kitab kuning, lalu apakah tidak bisa menjadi orang 'Alim...SANGAT BISA...karna kuncinya menjadi orang 'Alim yg akan mendapat derajat Waliyullah adalah LEBIH CINTA KEPADA ALLAH, LEBIH CINTA KEPADA RASULULLAH SAW, LEBIH CINTA KEPADA MAKHLUK YANG LAIN KETIMBANG MENDAHULUKAN MENCINTAI DIRINYA SENDIRI.

BERARTI KITA HARUS MENJADI ORANG YANG ber-akhlak rendah hati,selalu menyayangi siapapun tak peduli orang tsb kawan/lawan kita, dan slalu mendahulukan membahagiakan orang lain,slalu suka berkorban demi orang lain ketimbang mendahulukan dirinya sendiri. PAHAM..saudaraku.

Jadi kunci menjadi orang 'ALIM / BERILMU itu adalah mencari berkah suatu ilmu...bagaimana cara nya, yaitu satu ilmu walau kecil namun kita amalkan secara istiqomah, tidak perlu bingung harus mencari ilmu yg besar-besar saja, sebagai contoh kita diberi guru kita bibit biji tanaman wortel, lalu kita tanam wortel tersebut, kita pupuk kita rawat kita jaga sampe berbuah wortel yg gemuk sehat lalu kita bagi bagikan kepada orang lain, sehingga manfaatnya dirasakan oleh semua orang...lalu mengalir menjadi orang suka mendoakan kita,lalu orang tersebut jadi baik kepada kita,lalu orang tersebut meniru  kita suka berbuat baik kepada orang lain,lalu mengajarakan kepada anak cucu nya, lalu...mengalir hingga kiamat dan kebaikan tersebut berawal dari contoh ilmu dan akhlak yg kita lakukan tersebut... SUBHANALLAH.

Semoga kita semua diangkat ALLAH SWT menjadi manusia golongan orang 'Alim YG SLAMAT DUNIA AKHERAT AAMIIN AL FATEHAH 7KALI.

Sampe disini dulu ya ngaji kita pagi  ini,renungkan dan pahami semoga kita semua menjalankan nya sebagaimana dicontohkan guru guru kita...ingat tidak perlu sok hebat,sok ahli ibadah,,pakaian jubah sorban dll....tetapi malah menjadi penghijab kita kepada ALLAH SWT dan RASULULLAH SAW, yg penting 'ALIM saja dulu...dan tetap ikuti contoh dan ilmu guru guru kita.

Insyaa Allah kita sdh paham YA SAUDARAKU

Jadi bagi kita yg merasa sdh banyak ibadahnya,sudah banyak dzikir nya,suka ikut pengajian sana sini,merasa sdh hafal/paham quran-hadist,merasa sdh punya majlis taklim,merasa anak kyai,keturunan RASUL,bangga dg dipanggil HABIB,KYAI,GUS/ USTADZ...bukannya malah menyembunyikan ilmu/nasab identitasnya demi ketakutannya kepada Allah SWT...maka kita masih belum bisa dikategorikan manusia 'Alim.

Sebab contoh para wali wali ditanah jawa dulu,kyai-kyai 'Alim ditanah jawa dulu selalu menyembunyikan ilmu nya,nasabnya,menyembunyikan seluruh kelebihannya agar bisa menyatu dengan semua kalangan dan bisa diterima disisi semua makhluk dan disitulah rahasia ALLAH RIDLO padanya....

Manusia yg sempurna hanyalah RASULULLAH SAW yg lain insyaa allah banyak kekurangannya..jadi banyak juga yang mengaku-ngaku keturunan nabi tapi kurang 'alim..dan keras....maka ibarat mereka keturunan nabi yg keras kasar dan kurang 'alim sesuai wejangan mbah maimun zubair IBARATKAN MEREKA POTONGAN/SOBEKAN QURAN YG BERJATUHAN, MAKA TETAP DIHORMATI,TETAP DIJAGA TETAP DILINDUNGI NAMUN TDK PERLU DIJADIKAN PEDOMAN, SEBAB SUDAH RUSAK TDK BSA TERBACA/TDK BS DIJADIKAN RUJUKAN...

Baik cukup sampai disini dulu ya, semoga bermanafaat buat kita semua, dan yang tidak suka dengan pengajian saya ini silahkan dihapus saja, dan jangan ngurusi urusan orang lain yang tidak sepaham dgn anda, tapi urusi diri anda sendiri karena Allah memberikan ilmunya tidak sama satu sama lainnya agar saling melengkapi karena setiap orang ada kekurangan juga ada kelebihan.

Semoga Allah selalu memberikan hak dan ridlo-Nya dan membisakan kita semua.Aamiin.

Wassalamualaikum wr.wb

Disampaikan oleh :
 (Ust.Zen Kasimin)
Pengasuh Yayasan Majelis Zikir An Nur Lampung dan Guru Beladiri Nur Laduni Albaathin Alwaliyy Cabang Lampung.

Post a Comment for "LEBIH MULIA DAN PENTING NYA ORANG 'ALIM (BERILMU) DARI PADA AHLI IBADAH"