Bagi Husdarta serta Yudha Meter. Saputra( 2000: 73) ruang lingkup pembelajaran jasmani salah satunya merupakan pembuatan gerak, yang meliputi kemauan buat bergerak, menghayati ruang waktu serta wujud tercantum perasaan irama, memahami mungkin gerak diri sendiri, mempunyai kepercayaan gerak serta perasaan perilaku( kinestetik) serta memperkaya keahlian gerak.
Sebaliknya bagi Amung Ma’ mun serta Yudha Meter. Saputra( 2000: 20)“ keahlian gerak dasar ialah keahlian yang biasa siswa jalani guna tingkatkan mutu hidup”.
Berikutnya masih bagi Amung Ma’ mun serta Yudha Meter. Saputra( 2000: 20) melaporkan kalau keahlian gerak dasar dipecah jadi 3 jenis ialah:
1. Keahlian locomotor
Keahlian locomotor digunakan buat memindahkan badan dari satu tempat ke tempat lain ataupun buat mengangkut badan ke atas semacam lompat serta loncat. Keahlian gerak yang lain merupakan berjalan, berlari, skipping, melompat, meluncur serta lari semacam kuda berlari( gallop).
2. Keahlian non locomotor
Keahlian non locomotor dicoba di tempat. Tanpa terdapat ruang gerak yang mencukupi keahlian non locomotor terdiri dari menekuk serta meregang, mendesak serta menarik, mengangkut serta merendahkan, melipat serta memutar, mengocok, melingkar, melambungkan serta lain- lain.
3. Keahlian manipulatif
Keahlian manipulatif dibesarkan kala anak tengah memahami macam- macam objek. Keahlian manipulatif lebih banyak mengaitkan tangan serta kaki, namun bagian lain dari badan kita pula bisa digunakan. Manipulasi objek jauh lebih unggul daripada koordinasi mata- kaki serta tangan- mata, yang mana lumayan berarti buat item: berjalan( gerakan langkah) dalam ruang. Bentuk- bentuk keahlian manipulatif terdiri dari:
- Gerakan mendesak( melontarkan, memukul, menendang).
- Gerakan menerima( menangkap) objek merupakan keahlian berarti yang bisa dianjurkan dengan memakai bola yang dibuat bantalan karet( bola medisin) ataupun berbagai: bola yang lain.
- Gerakan memantul- mantulkan bola ataupun menggiring bola.
Sebaliknya bagi Sukintaka( 1992: 11) gerak dasar dipecah 3 wujud gerakan ialah:
- Lokomotor: jalur, lari, loncat, lompat dn jengket. Gerak campuran: bercongklang(“ gallop”) meluncur, menggeser ke kanan ataupun ke kiri, memanjat serta berguling.
- Nir lokomotor: mengulur, menekuk, mengayun, bergoyang, berbelok, berbalik, meliuk, mendesak, mengangkut serta mendarat.
- Manipulatif: mendesak, memukul, memantul, melontarkan, menyepak dan mengguling, menerima, menangkap serta menghentikan.
Bersumber pada komentar di atas hingga bisa disimpulkan kalau keahlian gerak dasar terdapat 3 tipe ialah lokomotor, non lokomotor serta manipulatif. Keahlian gerak ialah keahlian yang berarti di dalam kehidupan tiap hari ataupun di dalam pembelajaran jasmani. Dengan kata lain keahlian gerak dasar wajib dipunyai oleh anak, sebab gerak ialah kebutuhan yang sangat berarti buat melakukan kehidupan tiap hari.
sumber : https://mithayani.wordpress.com/2012/06/05/gerak-dasar-dalam-pendidikan-jasmani/
Post a Comment for "Materi Daring (PJOK) Gerakan Dasar Dalam Pembelajaran JASMANI"