Panduan Soal LOTS dan HOTS
Ketika seorang guru menyusun soal, baik untuk ulangan formatif atau ulang sumatif, harus memperhatikan tingkat kesulitan dan variasi soal. Dalam penyusunan soal, dikenal istilah LOTS dan HOTS. LOTS merupakan akronim dari low order thinking skill atau tingkat berfikir rendah. Tingkat kognitif LOTS adalah dari C1 (mengingat), C2 (memahami) dan C3 (menerapakan). Sedangkan HOTS merupakan akronim dari high order thinking skill atau tingkat berfikit tinggi. Tingkat kognitif HOTS adalah C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta).
Soal yang baik dan benar menggambarkan tingkatan kognitif seperti apa yang akan disentuh, mulai dari yang lebih rendah hingga yang lebih tinggi. Bobot pertanyaan yang menggambarkan tingkatan kognitif yang lebih rendah hingga yang lebih tinggi disajikan berikut ini.
A. LOTS
1. C1 (Mengingat)
� Apa...
� Siapa...
� Kapan...
� Di mana...
� Sebutkan...
� Jodohkan...
� Pasangkan...
� Persamaan kata...
� Golongkan...
� Berilah nama...
� Dll.
2. C2 (Memahami)
� Jelaskanlah...
� Terangkahlah...
� Bedakanlah...
� Terjemahkanlah...
� Simpulkan...
� Bandingkan...
� Ubahlah...
� Ramalkanlah�
� Berikanlah interpretasi...
� Apa bedanya...
� Bagaimana proses....
� Apa manfaat...
� Apa dampak...
� Apa bedanya...
� Bagaimana proses....
� Apa manfaat...
� Apa dampak...
3. C3 (Menerapkan)
� Bagaimana cara penerapan...
� Bagaimana cara pencegahan...
� Gunakanlah...
� Bagaimana cara pencegahan...
� Gunakanlah...
� Tunjukkanlah...
� Demonstrasikanlah...
� Carilah hubungan...
� Tulislah contoh...
� Siapkanlah...
� Klasifikasikanlah...
B. HOTS
1. C4 (Menganalisis)
� Mengapa�
� Menurut kamu, mengapa ...
� Menurut kamu, mengapa ...
� Kemukakan bukti-bukti�
� Analisislah...
� Identifikasikan�
� Tunjukkanlah sebabnya�
� Berilah alasan-alasan�
� Langkap apa....
� Apa yang harus dilakukan...
� Langkap apa....
� Apa yang harus dilakukan...
2. C5 (Mengevaluasi)
� Berilah pendapat�
� Alternatif mana yang lebih baik�
� Setujukah anda�
� Kritiklah�
� Berilah alasan�
� Nilailah�
� Bandingkan�
� Bedakanlah�
� Bagaimana peran...
� Apa kritik dan saran...
� Bagaimana peran...
� Apa kritik dan saran...
3. C5 (Mencipta)
� Buatlah video tentang...
� Buatlah pidato tentang...
� Buatlah pidato tentang...
� Bentuklah�
� Ciptakanlah�
� Susunlah�
� Rancanglah...
� Tulislah�
� Bagaimana kita dapat memperbaiki�
� Kembangkan �
Post a Comment for "Panduan Soal LOTS dan HOTS"