BLT BPJS Ketenagakerjaan/ BSU Jamsostek Tahap 4 cair sejak pekan lalu.
BLT Tahap 4 cair sebesar Rp 1,2 juta langsung masuk ke rekening.
Hal tersebut disampaikan melalui Instagram @kemnaker.
BLT Tahap 4 menyasar 2,8 juta pekerja.
Hingga 23 September 2020, sebanyak 2,65 juta sudah lengkap datanya. Sementara sekitar 150 ribu dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi datanya
Dana BLT sebesar Rp 1,2 juta langsung ditransfer ke rekening.
Pencairan melalui Bank Himbara (BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri) ke Bank Himbara yakni BRI, BNI maupun bank swasta seperti Bank BCA dan CIMB Niaga.
Adapun BLT Tahap 5 diperkirakan cair akhir September 2020.
Diberitakan sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, mengungkapkan total penerima bantuan pemerintah lewat subsidi gaji karyawan berjumlah sekitar 15,7 juta pekerja.
Ida menargetkan dapat menyalurkan bantuan subsidi gaji tahap pertama kepada total 15,7 juta pekerja, selambat-lambatnya akhir September 2020 atau paling lambat 30 September 2020.
Namun hingga hari ini, 30 September belum ada kabar terbaru terkait BLT Tahap 5.
Meski demikian, pekerja bisa cek nama dan rekening guna memastikan apakah termasuk penerima BSU/BLT BPJS Ketenagakerjaan atau tidak.
Berikut caranya:
Cek nama lewat https://kemnaker.go.id
Kamu bisa mengecek apakah masuk dalam daftar penerima BLT/BSU di kemnaker.go.id
Bagaimana cara cek cara cek nama penerima BLT/ BSU melalui kemnaker.go.id?
1. Kunjungi web kemnaker.go.id
2. Klik "Daftar Sekarang" (jika sudah punya akun, langsung ke nomor 3)
Lengkapi Pendaftaran akun.
Terdiri atas dua yakni biodata dan akun.
Pada biodata, isi NIK dan nama bapak atau ibu kandung. Pastikan NIK valid.
Adapun pada akun isi alamat email, nomor handphone, dan password.
Lalu Klik 'Daftar Sekarang'.
Kode OTP akan dikirim ke HP Kamu.
Aktivasi Akun menggunakan kode tersebut.
3. Setelah itu buka kembali kemnaker.go.id login
4. Lengkapi profil
Diantaranya pasang foto profil, tentang kamu, status pernikahan, dan tipe Lokasi.
5. Setelah berhasil, kunjungi profil.
6. Cek pemberitahuan
Jika pakai handphone, Kamu bisa scroll atau gulir sampai ke bawah untuk mengecek pemberitahuan.
Sementara jika pakai laptop, pemberitahuan ada di bagian kanan, di samping info data diri.
Jika Kamu masuk jadi penerima, maka akan tampil pemberitahuan seperti berikut:
Tips:
Agar tidak lambat loading, akses web kemnaker.go.id dini hari hingga pagi hari. Biasanya saat siang hingga malam hari server sering error, karena banyak yang mengakses web kemnaker.go.id.
Cek Nama dan rekening di bsu.bpjamsostek.id
Selain kemnaker.go.id, pekerja juga bisa mengecek melalui bsu.bpjamsostek.id.
Namun cara ini, khusus pekerja yang menerima SMS dari BP Jamsostek.
SMS BP Jamsostek tersebut untuk konfirmasi rekening dan NIK.
Bagi yang menerima SMS, akan muncul tampilan berikut saat mengunjungi link bsu.bpjamsostek.id.
Hal-hal yang perlu diisi saat konfirmasi rekening yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nama Bank, dan Nomor Rekening.
Pastikan semua data tersebut valid.
Cek Nama & Rekening BPJS Ketenagakerjaan Online di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
Pekerja juga bisa mengecek sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
Di situs ini untuk mengecek apakah nama dan nomor rekening terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan atau tidak:
Apabila belum terdaftar di laman tersebut, bisa melakukan registrasi dengan cara:
- Masuk atau login ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
- Masukkan alamat email di kolom user.
- Masukkan kata sandi.
- Setelah masuk, pilih menu layanan.
- Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
- Pilih menu registrasi.
- Isi formulir sesuai dengan data nomor KPJ Aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel, dan email.
- Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan PIN.
- PIN dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan.
Jika sudah pernah daftar di laman tersebut:
- Masuk atau login ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
- Masukkan alamat email di kolom user.
- Masukkan kata sandi.
- Setelah masuk, pilih "Kartu Digital".
- Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut. Maka akan muncul banyak informasi terkait kepesertaan Kamu di BPJS Ketenagakerjaan.
Seperti nama perusahaan tempat bekerja, upah, terakhir, dan status kepesertaan.
Ada juga informasi nomor rekening, nama rekening, dan bank.
- Jika ingin cek saldo, tinggal pilih "Lihat Saldo JHT".
Call Center BPJS Ketenagakerjaan
Jika tidak bisa mengecek melalui 3 cara tersebut, Kamu bisa menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175.
Layanan Masyarakat 175 Tanya BPJSTK menggantikan Call Center 1500910.
Layanan Masyarakat 175 Tanya BPJSTK adalah inovasi BPJS Ketenagakerjaan menyusul berlakunya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2018 tentang Rencana Dasar Teknis Telekomunikasi Indonesia.
sumber : bogor.tribunnews
Post a Comment for "Subsidi Gaji Rp 600.000 Tahap 5, Cek Nama Penerima di kemnaker.go.id, Ini Caranya"