Manfaat Akuntansi Secara Umum Bagi Perusahaan, Pelajar dan Pendidikan Lengkap

Manfaat Akuntansi Secara Umum Bagi Perusahaan, Pelajar dan Pendidikan Lengkap

Manfaat Akuntansi - Tidak dapat dipungkiri jika dalam pelaksanaan kehidupan ekonomi bisnis dan keuangan memerlukan ilmu akuntansi. Karena akuntansi memiliki peranan yang sangat penting, terutama pada entitas-entitas usaha.

Mereka menggunakan akuntansi sebagai alat untuk mengetahui bagaimanakah kinerja alur keuangan usahanya, dengan laporan yang dihasilkan maka suatu entitas dapat mengambil kebijakan baru untuk kelangsungan usaha ke depannya.

Tanpa adanya akuntansi, kegiatan ekonomi tidak dapat menunjukkan apakah mengalami keuntungan atau kerugian. Jika sudah demikian, maka perekonomian tidak dapat berkembang dengan baik.

Pengertian akuntansi

Secara singkatnya akuntansi adalah suatu proses pencatatan dan pengidentifikasian atas transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan. Fungsinya yaitu untuk menghasilkan laporan keuangan yang dapat dengan mudah dibaca dan dipahami oleh pihak-pihak terkait yang berkepentingan.

Siapa saja pihak-pihak berkepentingan itu?

1. Pihak Internal Perusahaan

Pihak ini meliputi direktur, manajer, dan pemegang saham yang berkepentingan dalam penganalisaan kondisi keuangan perusahaan guna pengambilan keputusan yang tepat demi kelangsungan jalannya perusahaan (Going Concern Princple).

2. Pihak Eksternal Perusahaan

Pihak ini seperti investor dan pemerintah. Investor memerlukan laporan keuangan suatu entitas sebagai bentuk analisis apakah perusahaan yang ditanami saham olehnya dalam keadaan stabil dan profitable (bisa mendatangkan keuntungan) sehingga bisa dipastikan memberikan dividen yang tinggi dan berkesinambungan. Sedangkan pemerintah memerlukan laporan keuangan perusahaan sebagai dasar penentuan beban pajak yang ditetapkan kepada perusahaan terkait.

Arti Penting Akuntansi

Seringkali kita mendengar atau membaca bahwa akuntansi merupakan bahasa bisnis. Hal itu dikarenakan akuntansi menyediakan berbagai informasi yang menyajikan bagaimana alur keuangan bisnis secara detail, teratur, dan juga lengkap. Apakah laba atau rugi? Maka dari itu akuntansi juga dapat dikatakan sebagai cerminan perusahaan.

Baik perusahaan jasa, dagang, maupun perusahaan manufaktur melakukan transaksi keuangan yang kemudian atas dasar ilmu akuntansi dicatatlah transaksi tersebut berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi sebagaimana mestinya.

Peranan akuntansi di dalam dunia ekonomi sangatlah penting, diantaranya yaitu:
  • Sebagai tolak ukur kemajuan perusahaan atau sebagai acuan perkembangan perusahaan
  • Sebagai sistem informasi yang menyajikan laporan keuangan yang berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam jalannya usaha.
  • Sebagai bahan pertimbangan bagi para investor yang ingin menanamkan sahamnya kepada perusahaan terkait.
  • Sebagai alat untuk mengetahui apakah ada tindak korupsi atau penyalahgunaan dana didalam pelaksanaannya.
  • Sebagai bahan pengambilan keputusan atau kebijakan baru jika dirasa ada yang perlu dikembangkan dari perusahaan tersebut.

Lalu apa saja manfaat akuntansi?

Manfaat Umum Akuntansi

Secara umum, akuntansi memiliki manfaat sebagai berikut:
  • Untuk perencanaan, koordinasi, pengawasan, serta pengendalian.
  • Merencanakan dan menetapkan aktivitas perusahaan.
  • Sebagai dasar dalam menghitung besar pajak.
  • Untuk memperoleh pinjaman dari kreditur.
  • Menyediakan informasi keuangan bagi perusahaan.
  • Menjadi bahan pertimbangan bagi rekan bisnis.
  • Merupakan alat pertanggungjawaban.

Manfaat Akuntansi Bagi Perusahaan:

1. Sebagai Alat Evaluasi Perusahaan

Evaluasi sangat penting dilaksanakan karena proses analisis kinerja perusahaan pada periode-periode sebelumnya dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama atau pemborosan lainnya. Dasar akuntansi yang dapat memudahkan dalam pencatatan laporan keuangan juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi. Selain itu, strategi pemasaran yang paling menguntungkan juga bisa dilihat dari manfaat laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi.

2. Sebagai Pengendali Keuangan Perusahaan

Macam macam akuntansi juga sangat berperan sebagai pengendali keuangan perusahaan pada saat fungsi dari laporan keuangan menunjukkan kondisi yang kurang baik. Dengan akuntansi, informasi pengelolaan dana seperti besarnya laba yang dihasilkan atau kerugian yang dihasilkan oleh perusahaan bisa terlihat sehingga untuk ke depannya transaksi keuangan perusahaan dapat dikendalikan dengan meminimalisasi budget atau anggaran.

3. Ketersediaan Informasi Keuangan

Ketersediaan informasi keuangan ini digunakan oleh pihak manajerial dalam rangka pengambilan keputusan atau kebijakan secara cepat dan juga tanggap. Keadaan keuangan perusahaan menjadi faktor utama dalam penentuan pelaksanaan suatu keputusan atau kebijakan yang telah ditetapkan. Contohnya, disaat permintaan produk yang sangat tinggi, maka dengan laporan informasi keuangan pihak manajerial dapat menilai perhitungan akuntansi sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

4. Ketersediaan Informasi Keuangan Untuk Pihak Eksternal

Adanya siklus akuntansi dibutuhkan untuk pembuatan pelaporan keuangan yang dapat dilihat oleh para pihak eksternal perusahaan seperti investor atau para pemegang saham untuk menilai apakah kinerja perusahaan stabil atau tidak. Jika kondisi keuangan perusahaan tercatat baik, sehat dan stabil, tentu saja para investor akan lebih tertarik untuk menanamkan saham pada perusahaan tersebut.

5. Cara Pengalokasian Sumber Daya

Modal yang diinvestasikan dengan tepat dan baik tentu dapat menghasilkan keuntungan usaha yang sangat besar. Pengalokasian sumber daya dapat dilakukan dengan menggunakan informasi keuangan sebagai dasar pengambilan kebijakan.

Manfaat Akuntansi Bagi Pelajar

Manfaat akuntansi bagi pelajar diantaranya: 
  1. Supaya pelajar mengetahui manakah yang kebutuhan primer atau kebutuhan pokok hidup dan mana yang tidak perlu.
  2. Supaya pelajar dapat mengatur keuangannya sendiri supaya nilai uang yang diberikan sama orang tua selalu merasa cukup.
  3. Pelajar akan lebih mengenal bagaimana perusahaan dalam menjalankan bisnisnya mulai dari awal sampai akhir periode
  4. Pelajar dapat mengetahui bagaimana caranya menyajikan laporan keuangan yang baik sebagaimana mestinya
  5. Pelajar dapat mempelajari bagaimana cara mengkalkulasikan besar laba atau rugi dalam setiap aktivitas keuangan atau ekonomi.
  6. Pelajar yang mempelajari ilmu akuntansi dapat mengelola pendapatan dan pengeluaran di setiap bulannya dengan baik.
  7. Pelajar dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar akuntansi dalam kehidupan sehari-hari dan konsep dasar akuntansi akan terus melekat untuk memanajemen keuangannya pribadi.

Manfaat Akuntansi Bagi Pendidikan

Manfaat akuntansi bagi dunia pendidikan adalah untuk mengembangkan pengetahuan mengenai ilmu akuntansi dikalangan para pelajar atau mahasiswa agar sang pelajar dapat mengimplementasikan dan mengembangkan akuntansi di dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu pula melalui pendidikan, akuntansi akan dapat terus di upgrade setiap harinya menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Akuntansi juga dapat menjadi pelajaran awal bagi para pelajar yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha besar kelak nanti.

Peran akuntansi di dalam dunia pendidikan sangatlah banyak, namun masih banyak yang belum menyadari akan hal itu. Di dalam akuntansi kita akan diajarkan bagaimana menyelesaikan masalah secara cermat dan teliti, membaca setiap permasalahan dengan baik, agar nantinya dapat menghasilkan laporan keuangan yang tepat.

Kesimpulan

Pada dasarnya akuntansi memiliki manfaat yang sangat besar pada umumnya. Dari dunia bisnis sampai dunia pendidikan, akuntansi memberikan manfaat yang begitu konkrit dan jelas bagi para pihak yang mempelajari dan menerapkannya. Dari ilmu akuntansi inilah, semua orang termasuk pedagang kecil pun dapat menentukan besar laba atau rugi yang diperolehnya.


Ya, itulah sedikit ulasan lengkap mengenai Manfaat Akuntansi Bagi Perusahaan, Pelajaran, dan Pendidikan yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat ya,, jangan lupa untuk di share..

Post a Comment for "Manfaat Akuntansi Secara Umum Bagi Perusahaan, Pelajar dan Pendidikan Lengkap"