Capaian Pembelajaran Desain Komunikasi Visual

Capaian Pembelajaran Desain Komunikasi Visual | Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual membekali peserta didik menguasai keahlian pekerjaan desain komunikasi visual seperti kompetensi dalam teknik dasar proses produksi pada industri, ketrampilan membuat sketsa dan illustrasi untuk kebutuhan dasar rancangan desain, komposisi tipografi untuk kebutuhan dasar rancangan desain, prosedur penggunaan peralatan fotografi, komputer grafis.

Capaian Pembelajaran Desain Komunikasi Visual | Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual membekali peserta didik menguasai keahlian pekerjaan desain komunikasi visual seperti kompetensi dalam teknik dasar proses produksi pada industri, ketrampilan membuat sketsa dan illustrasi untuk kebutuhan dasar rancangan desain, komposisi tipografi untuk kebutuhan dasar rancangan desain, prosedur penggunaan peralatan fotografi, komputer grafis.

Capaian Pembelajaran Desain Komunikasi Visual

    A. Rasional Desain Komunikasi Visual

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual merupakan mata pelajaran kejuruan berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pekerjaan desain komunikasi visual. Di dalamnya berisi berbagai ilmu dasar sebagai bekal mempelajari mata pelajaran lain. 

    Keberadaannya berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan passion (renjana) supaya memiliki dasar yang kuat untuk mempelajari mata pelajaran selanjutnya di kelas XI dan XII.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan peserta didik terhadap desain komunikasi visual melalui pemahaman secara utuh dan menyeluruh profil technopreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi, proses bisnis di dunia industri, perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global, 

    Kemudian skil dan teknik dasar proses produksi pada industri, ketrampilan membuat sketsa dan illustrasi untuk kebutuhan dasar rancangan desain, komposisi tipografi untuk kebutuhan dasar rancangan desain, prosedur penggunaan peralatan fotografi, komputer grafis. 

    Selain itu, sebagai landasan pengetahuan dan ketrampilan untuk pembelajaran di kelas XI dan XII pada konsentrasi keahlian yang bersangkutan. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dilakukan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. 

    Pembelajarannya menggunakan berbagai variasi model pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, renjana, serta perkembangan fisik dan psikilogis peserta didik. 

    Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain: 
    Sobat GS akanlebih jauh mengetahui langkah-langkah dan tahapan 5 model pembelajaran diatas pada artikel sintaks 5 model pembelajaran.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual berkontribusi menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai seniman, dan/atau pekerja seni dalam bidang desain komunikasi visual yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegoisasi dan berinteraksi antar budaya, mampu bekerja dalam tim, bertanggungjawab, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja, serta kritis dan kreatif.

    Capaian Pembelajaran Desain Komunikasi Visual

    B. Tujuan Desain Komunikasi Visual

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills, karakter) meliputi:
    1. memahami profil technopreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang Desain Komunikasi Visual;
    2. memahami proses bisnis berbagai industri di bidang Desain Komunikasi Visual;
    3. memahami perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global pada bidang Desain Komunikasi Visual;
    4. memahami teknik dasar proses produksi pada industri Desain Komunikasi Visual;
    5. memahami keterampilan membuat sketsa dan ilustrasi untuk kebutuhan dasar rancangan desain;
    6. memahami komposisi tipografi untuk kebutuhan dasar rancangan desain;
    7. memahami prosedur penggunaan peralatan fotografi; dan
    8. memahami komputer grafis yang dibutuhkan pada pekerjaan Desain Komunikasi Visual.

    Capaian Pembelajaran Desain Komunikasi Visual

    C. Karakteristik Desain Komunikasi Visual

    Pada hakekatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi visual berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh seniman, dan/atau pekerja seni dalam bidang desain komunikasi visual sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    Selain itu, peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profil technopreneur, job profil, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    D. Capaian Pembelajaran Desain Komunikasi Visual

    Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian Desain Komunikasi Visual yang dipilihnya, sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Pada aspek soft skill peserta didik akan mampu menerapkan budaya kerja sesuai tuntutan pekerjaan, memahami konsep diri yang positif sesuai standar K3 dan 5R dalam desain komunikasi visual, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah dan mencari solusi, konsisten menerapkan budaya kerja dalam berkesenian. 

    Pada aspek hard skill peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar- Dasar Desain Komunikasi Visual.

     

    Atau silahkan unduh capaian pembelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual berbentuk Word pada link berikut ini :


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual  yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022

    Post a Comment for "Capaian Pembelajaran Desain Komunikasi Visual"