Capaian Pembelajaran Seni Rupa

Capaian Pembelajaran Seni Rupa  | Dasar-Dasar Seni Rupa  menghantarkan 
peserta didik memiliki pemahaman secara utuh dan menyeluruh tentang wawasan industri seni rupa, proses bisnis berbagai industri seni rupa, profil technopreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang seni rupa, proses produksi bidang seni rupa, desain dasar dua dimensional, desain dasar tiga dimensional, 
menggambar, dan sketsa. 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa merupakan mata pelajaran kejuruan yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pekerjaan seni rupa.

Capaian Pembelajaran Seni Rupa.

    A. Rasional Seni Rupa 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa merupakan mata pelajaran kejuruan yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pekerjaan seni rupa. 

    Di dalamnya berisi berbagai ilmu dasar sebagai bekal mempelajari mata pelajaran lain. Keberadaannya berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan passion (renjana) supaya memiliki dasar yang kuat untuk mempelajari mata pelajaran selanjutnya di kelas XI dan XII.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan peserta didik terhadap seni rupa melalui pemahaman secara utuh dan menyeluruh tentang wawasan industri seni rupa, proses bisnis berbagai industri seni rupa, profil technopreneur, peluang usaha dan
    pekerjaan/profesi di bidang seni rupa, proses produksi bidang seni rupa, desain dasar dua dimensional, desain dasar tiga dimensional, menggambar, dan sketsa. 

    Selain itu, sebagai landasan pengetahuan dan ketrampilan untuk pembelajaran di kelas XI dan XII pada konsentrasi keahlian yang bersangkutan.

    Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dilakukan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. 

    Pembelajarannya menggunakan berbagai variasi model pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, renjana, serta perkembangan fisik dan psikilogis
    peserta didik. 

    Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain: 
    Sobat GS akanlebih jauh mengetahui langkah-langkah dan tahapan 5 model pembelajaran diatas pada artikel sintaks 5 model pembelajaran.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa berkontribusi menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai seniman dalam bidang seni rupa yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegoisasi dan berinteraksi antar budaya, mampu bekerja dalam tim, bertanggungjawab, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja, serta kritis dan kreatif.

    Capaian Pembelajaran Seni Rupa 

    B. Tujuan Seni Rupa 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hards kills, soft skills, karakter) yaitu:
    1. memahami wawasan industri seni rupa;
    2. memahami proses bisnis berbagai industri seni rupa;
    3. memahami profil technopreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang seni rupa;
    4. memahami proses produksi bidang seni rupa;
    5. memahami desain dasar dua dimensional;
    6. memahami desain dasar tiga dimensional;
    7. menggambar; dan
    8. memahami sketsa.

    Capaian Pembelajaran Seni Rupa 

    C. Karakteristik Seni Rupa 

    Pada hakekatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh seniman dalam bidang seni rupa sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    Selain itu, peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan issu-issu global, profil technopreneur, job profil, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Pada awal pembelajaran peserta didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja setelah lulus dari program keahlian Seni Rupa dan konsentrasi yang dapat dipelajari pada kelas XI dan XII untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui:
    1. pembelajaran di kelas;
    2. pembelajaran di studio/bengkel/laboratorium;
    3. pembelajaran di unit Teaching Factory;
    4. projek sederhana;
    5. berinteraksi dengan alumnus atau praktisi industri;
    6. berkunjung pada industri yang relevan; dan
    7. pencarian informasi melalui media digital.

    Capaian Pembelajaran Seni Rupa 

    D. Capaian Pembelajaran Seni Rupa 

    Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian seni rupa yang dipilihnya, sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Pada aspek soft skill peserta didik akan mampu menerapkan budaya kerja sesuai
    tuntutan pekerjaan, memahami konsep diri yang positif sesuai standar K3 dan 5R dalam seni rupa, mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan memecahkan masalah dan mencari solusi, konsisten menerapkan budaya kerja dalam berkesenian. 

    Pada aspek hard skill peserta didik mampu memahami elemen-elemen
    kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa.

     

    Atau silahkan unduh capaian pembelajaran Seni Rupa dalam bentuk word dilink berikut ini :


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa yang bersumber dari lampiran 1-4 
    Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022

    Post a Comment for "Capaian Pembelajaran Seni Rupa "