Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya | Keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat tergantung pada cara pandang sekolah melihat ekosistemnya, apakah sebagai kekuatan atau sebagai kekurangan. Sekolah yang memandang semua sumber daya yang dimiliki sebagai suatu kekuatan dan aset, maka sekolah ini tidak akan berfokus pada kekurangan tapi berupayapada pemanfaatan kekuatan dan aset yang dimiliki.
Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Penulis Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya edisi 3 ini disusun oleh :
- Dr. Siti Suharsih, S.S., M.Pd
- Yuni Widiastuti, S.Si, M.Psi.T
Hak Cipta © 2022 pada Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Dilindungi Undang-undang dan Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Sumber daya sebagai kekuatan akan banyak dieksplorasi ke dalam pembahasan tujuh modal utama, yaitu ;
- modal manusia,
- modal sosial,
- modal fisik,
- modal lingkungan/alam,
- modal finansial,
- modal politik, dan
- modal agama dan budaya.
Ketujuh modal aset ini selaras dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), terutama pada :
- standar sarana dan prasarana (modal fisik dan modal lingkungan/alam),
- standar pendidik dan kependidikan (modal manusia dan modal sosial)
- standar pembiayaan (modal finansial), dan
- standar pengelolaan pendidikan (modal politik, modal sosial).
Silahkan cek lebih lanjut tentang indikator 8 Pemenuhan SNP
Dengan menyadari betapa banyak sumber daya yang dimiliki sekolah, modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya ini akan mengajak sobat GS (CGP) untuk senantiasa melihat sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang berpihak pada murid.
Capaian yang Diharapkan
Kompetensi Lulusan yang dituju Modul 3.2 pemimpin dalam Pengelolaan sumber daya ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai
berikut:
- Guru Penggerak melakukan pendampingan kepada seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah.
- Guru Penggerak merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
- Guru Penggerak memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.
Capaian Umum Modul 3.2
Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini
adalah CGP mampu:
- mengidentifikasi dan mendapatkan sumber daya dari berbagai sumber yang sah untuk menjalankan program sekolah
- menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar
Capaian Khusus Modul 3.2:
Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:
- menganalisis aset dan kekuatan dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien.
- merancang pemetaan potensi yang dimiliki sekolahnya menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development).
- menunjukkan sikap aktif, terbuka, kritis dan kreatif dalam upaya pengelolaan sumber daya.
Isi Materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
- Sekolah sebagai Ekosistem
- Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset
- Tujuh Modal Utama
Selengkapnya tentang Isi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya silahkan unduh dilink berikut ini :
Semoga Bermanfaat
Post a Comment for "Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"